Sunday, June 6, 2010

Tips Merawat Gitar Akustik

Tidak mudah memang ketika kita merawat gitar akustik. Selain diperlukan ketelatenan, diperlukan sedikit pengetahuan dalam merawat gitar akustik yang kita miliki (apalagi merawat gitar akustik milik orang lain yang kita pinjam, itu perlu dilakukan. Tapi kalau pinjam jangan lupa balikin ya).

Sedikit tips merawat gitar akustik dari saya :

Satu, Jangan pernah membiarkan gitar akustik terpapar sinar matahari, terkena air, dan terutama embun karena itu akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh tabung pada gitar dan dapat merusak kayu pada body gitar.

Dua, jangan menyandarkan gitar akustik di dinding dalam keadaan tabung menghadap kedepan karena itu akan menyebabkan neck gitar bengkok karena tegangan senar pada gitar. Jika belum mempunyai 'sandaran gitar' ada baiknya jika digantung dengan menggunakan tali di bagian antara tuning dan fret pertama dan segera menabung untuk membeli 'sandaran gitar'.

Tiga, bersihkan selalu bagian permukaan gitar dari tabung hingga ujung neck dengan menggunakan cairan pembersih khusus gitar akustik atau kalau mau berhemat sedikit cukup menggunakan minyak kayu putih yang telah dioles di kapas atau kain yang lembut usapkan menyeluruh pada permukaan gitar terutama pada bagian-bagian yang sering kita pegang.

Empat, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan kuas kecil dalam tabung pada body gitar lalu tarik debu-debu yang terdapat didalamnya dengan menggunakan kain yang berserabut atau bisa juga dengan menggunakan kapas.

Lima, jangan pernah menaruh gitar ditempat yang bersuhu udara panas atau lembab, seperti bagasi mobil, dan lain sebagainya. Sebenarnya untuk semua jenis alat musik harus ditaruh diruangan yang bersuhu dingin karena lagi-lagi kualitas suara yang akan dipertaruhkan disini (lebay mode on).

Enam, bagi para gitaris yang perokok berat jangan menggunakan tabung pada body gitar sebagai asbak, karena sebenarnya kalau mau diselidiki lebih lanjut abu rokok yang terlepas dari puntungnya itu masih akan membawa panas dua hingga tiga detik lamanya. Dan lagi masa sih sampai segitunya kita serius berlatih gitar sampai-sampai kita malas membuang abu rokok ke asbak. Gitaris sih gitaris, tapi 'ga gitu juga kali joroknya'.(penulis pantas kesal karena ini pengalaman pribadi).

Tujuh, usahakan gitar jangan sampai terbentur, kalau pun terbentur jangan terlalu sering karena lagi-lagi itu dapat mempengaruhi kualitas suara.

Delapan, untuk beberapa merk gitar akustik 'kelas menengah kebawah' (yang juga berhubungan dengan jenis kayu yang digunakan) tidak tahan terhadap tegangan senar standar keyboard, garputala, atau tuner pada metronome. Untuk mengatasinya, jika tetap ingin tuning yang standar gunakan senar gitar elektrik yang tingkat ketegangan senarnya cukup lentur. Tapi sedikit catatan, jika menggunakan senar gitar elektrik pada gitar akustik bass yang dihasilkan akan sedikit berkurang. Atau bisa juga dengan menggunakan senar akustik tapi tuning yang kita pakai turun satu hingga satu hingga dua dari tuning standar.

Sembilan, jika tuner pada gitar akustik sudah mulai berkarat segeralah ganti. Tuner yang berkarat akan menyulitkan kita untuk memutar tuner dan menyebabkan area neck pada gitar ikut berubah bentuk menjadi lebih cekung.

Sepuluh, jangan melapisi bagian permukaan gitar dengan sticker dalam jumlah yang banyak, apalagi jika kalian termasuk orang yang cepat bosan. Karena lem pada sticker tersebut akan merusak lapisan cat pada permukaan gitar.

Sebelas, jangan meletakkan gitar ditempat yang pengap karena gitar akan berhadapan dengan musuh sejati para kayu-kayu (lebay mode on) seperti jamur dan rayap.

Dua Belas, jangan segan untuk meminta bantuan pada orang yang benar-benar ahli jika ingin memoles permukaan gitar dengan cat atau lukisan dan jika ingin memasang dudukan strap pada body gitar.

Sudahlah.....Kebanyakan. Dua Belas poin diatas cukuplah untuk membuat gitar akustik kita bertahan biar tidak tergerus oleh jaman (apaan siiihhh). Sekedar info tanpa ada maksud lain, saya mempunyai gitar akustik merk Yamaha CG-110 tanpa tulang atau besi yang tertanam di neck yang saya beli tahun 2004 dan sampai sekarang gitar ini masih bisa digunakan seperti ketika baru membeli dulu.
Selamat mencoba..

1 comment: